Praktik baik Model Pembelajaran SOLE Berbasis TIK Memanfaatkan Aplikasi Rumah Belajar
Latar Belakang
Sahabat Rumah Belajar,
Dalam implementasi kurikulum merdeka, pengintegrasian TIK dalam pembelajaran sangat diperlukan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dimana dengan mengimplementasikannya, siswa kan lebih aktif dan terlibat dalam proses pembelajaran. Selain itu, integrasi TIK dalam ruang kelas akan memberikan pengalaman baru dan pembelajaran bermakna bagi siswa untuk berkenalan dengan penggunaan teknologi untuk membantu dalam memecahkan permasalahan (problem solving) dikehidupan yang sebenarnya. Kemudian, penggunaan teknologi dalam pembelajaran akan membuat siswa senang dan lebih rileks dalam belajar. Hal ini tentu saja berdampak positif terhadap psikologis anak dalam belajar sehingga mereka akan lebih mudah menyerap pelajaran.
Ada begitu banyak model pembelajaran inovatif yang bisa kita gunakan dalam penerapan pembelajaran berbasis TIK di dalam kelas. Salah satunya adalah model pembelajaran SOLE.
Apakah Itu Model
Pembelajaran SOLE?
Model pembelajaran SOLE (Self Organized
Learning Environments) adalah sebuah
model pembelajaran yang menitik beratkan
proses pembelajaran mandiri yang dilakukan
oleh siapapun yang berkeinginan untuk
belajar dengan memanfaatkan internet dan
perangkat pintar yang dimilikinya.
Mengapa Model
Pembelajaran
SOLE?
Model pembelajaran SOLE memiliki
tujuan membentuk kompetensi
(keahlian) yang dimiliki oleh peserta
didik. Kompetensi yang diharapkan
akan terbentuk dalam diri peserta
didik melalu model pembelajaran
SOLE ini antara lain:
- Berfikir kreatif (Creative Thinking)
- Kemampuan memecahkan masalah (Problem soving capability)
- Kemampuan berkomunikasi (Communicate capability)
- Pertanyaan (Question) Memberikan pertanyaan yang dapat menimbulkan rasa ingin tahu peserta didik terhadap materi yang diajarkan, pertanyaan tersebut diharapkan juga dapat menurunkan pertanyaan-pertanyaan yang lebih banyak lagi terhadap materi yang diajarkan
- Investigasi (Investigate) Peserta didik membentuk kelompok-kelompok kecil. Peserta didik dalam kelompok berkolaborasi satu dengan yang lainnya dan menggunakan satu perangkat internet untuk mencari jawaban terhadap pertanyaan yang diberikan sebelumnya. Dalam melakukan tahap ini, guru dan siswa memanfaatkan sumber belajar yang terdapat pada aplikasi Rumah Belajar
- Mengulas (Review) Masing-masing kelompok mempresentasikan hasil penemuan mereka terhadap pertanyaan yang diberikan.
Langkah 2: Mengorganisasi siswa;
Langkah 3: Ekplorasi dan investigasi siswa;
Langkah 4: Monitoring;
Langkah 5: Presentasi hasil eksplorasi dan inverstigasi;
Langkah 6: Evaluasi hasil presentasi
Keren memang Bu Guru satu ini. Kreatif dan inovatif
BalasHapus