Mengenai Saya

Foto saya
Kendari, Sulawesi Tenggara, Indonesia
The fear of God is the beginning of wisdom

Senin, 31 Oktober 2022

FGD: Optimalisasi Platform Merdeka Mengajar dan Rumah Belajar serta Pengembangan P5 Berbagi Praktik Baik Pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar dan Rumah Belajar dalam Pembelajaran


 FGD: Optimalisasi Platform Merdeka Mengajar dan Rumah Belajar serta Pengembangan P5 Berbagi Praktik Baik Pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar dan Rumah Belajar dalam Pembelajaran




    Kegiatan Focus Group Discussion (FGD) diseminasi praktik baik pembelajaran ini dilaksanakan pada hari  Kamis, 27 Oktober 2022 bertempat di SDN 1 Ambekairi yang dihadiri oleh kepala sekolah dan guru-guru dari dua sekolah, yakni SDN 1 dan 2 Ambekairi. Kegiatan FGD tersebut merupakan salah satu kegiatan rutin yang menjadi program peningkatan kompetensi guru di kecamatan Unaaha. Kegiatan ini dibuka langsung oleh I Wayan Suni, S.Pd.,M.Pd selaku pengawas Sekolah dasar pada kecamatan Unaaha. 
    Menurut Anita Gibs (1997) Focus Group Discussion (FGD) adalah suatu diskusi yang tujuan utamanya  memanfaatkan perasaan, sikap, reaksi dan pengalaman responden saat membahas isu yang spesifik. Sedangkan secara sederhana, diseminasi adalah suatu proses interaktif dalam penyampaian inovasi yang pada akhirnya dapat mengubah pola pikir dan tindakan orang yang terlibat. Dalam kegiatan ini, saya mendiseminasikan praktik baik pembelajaran yang telah saya terapkan dikelas yaitu Model Pembelajaran SOLE berbasis TIK memanfaatkan Aplikasi Rumah Belajar. 
    Apakah Model Pembelajaran SOLE itu? Model pembelajaran SOLE (Self Organized Learning Environments) adalah sebuah model pembelajaran yang menitik beratkan proses pembelajaran mandiri yang dilakukan oleh siapapun yang berkeinginan untuk belajar dengan memanfaatkan internet dan perangkat pintar yang dimilikinya. Model pembelajaran SOLE terdiri atas tiga tahap aktivitas yang harus dilakukan oleh setiap peserta didik, yaitu: 
  1. Pertanyaan (Question): Memberikan pertanyaan yang dapat menimbulkan rasa ingin tahu peserta didik terhadap materi yang diajarkan, pertanyaan tersebut diharapkan juga dapat menurunkan pertanyaan-pertanyaan yang lebih banyak lagi terhadap materi yang diajarkan
  2. Investigasi (Investigate): Peserta didik membentuk kelompok-kelompok kecil. Peserta didik dalam kelompok berkolaborasi satu dengan yang lainnya dan menggunakan satu perangkat internet untuk mencari jawaban terhadap pertanyaan yang diberikan sebelumnya
  3. Mengulas (Review) Masing-masing kelompok mempresentasikan hasil penemuan mereka terhadap pertanyaan yang diberikan.( Sumber: https://sibatik.kemdikbud.go.id)
    Berbagi praktik baik yang kami lakukan ini disambut hangat oleh guru-guru yang menjadi peserta kegiatan tersebut. Hal ini dibuktikan dari keaktifan peserta dalam berdiskusi. Dalam kegiatan ini juga, peserta diberikan penjelasan tentang Proyek penguatan profil pelajar Pancasila oleh Edi Arham, S.Pi.,M.Pd dengan tujuan agar guru-guru lebih memahami tentang P5 dalam penerapan Kurikulum Merdeka.

DOKUMENTASI KEGIATAN






0 comments:

Posting Komentar